Sukses

5 Jenis Makanan Ini Bisa Menjadi Camilan Sehat Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang tengah hamil tentunya membutuhkan asupan gizi yang lebih, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya juga janin di dalam perut.

Seperti dikutip laman Life Script, Jumat (6/5/2016) beberapa tahun terakhir sejumlah penelitian melihat ada beberapa gizi yang dibutuhkan dan tentunya penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil serta bermanfaat untuk kesehatan sang bayi.

Berikut daftar camilan sehat dan praktis untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari dan mudah Anda dapatkan.

1. Air kelapa

Wanita hamil memerlukan lebih dari tiga liter air dalam sehari selama kehamilannya, di mana volume air tersebut mengalir di dalam darah ibu dan janinnya.

Selain air mineral, air kelapa menjadi pilihan yang baik dan bagus karena mengandung elektrolit alami seperti kalium yang mendukung sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

2. Yoghurt

Kandungan di dalam yoghurt seperti protein, kalsium, dan probiotik dapat membangun bakteri yang mendukung sistem kekebalan tubuh, kadar glukosa dalam darah menjadi lebih sehat hingga saluran pencernaan.

Kondisi sembelit yang dirasakan wanita hamil menjadi hal yang umum selama kehamilan, dengan mengonsumsi yoghurt akan membantu ibu melancarkan pencernaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Camilan sehat ibu hamil

3. Ikan salmon

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon sangat baik untuk otak dan mata sang bayi. Jika ibu hamil mengonsumsi makanan ini ibu akan mendapatkan manfaat vitamin B dan protein.

Salmon juga yang rendah akan merkuri yang mampu mempengaruhi sistem saraf bayi akan aman untuk dikonsumsi, dibandingkan dengan ikan lainnya. Cobalah dengan memanggang salmon atau menambahkan dalam salad Anda. Konsumsi ikan salmon yang aman sebanyak 12 ons (maksimal) per minggu.

4. Telur

Telur menjadi makanan yang serbaguna dan memiliki sumber protein yang baik. Jika ibu mengonsumsi telur ia akan mendapatkan lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin, yang baik untuk perkembangan otak bayi.

Namun, pastikan untuk tidak memakan telur yang kurang matang atau mentah.

5. Macam berries

Blueberry, raspberry, dan blackberry adalah buah-buahan lezat yang dapat ditambahkan dalam menu sarapan Anda atau dessert Anda seperti sereal atau pancake.

Berries yang dikemas dengan vitamin C, kalium, folat, dan serat akan memberikan segudang manfaat kesehatan untuk ibu dan janin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini