Sukses

Takut dan Cemas Naik Pesawat? Lakukan 2 Cara Ini

Saat rasa takut dan kecemasan melanda Anda dalam perjalanan dengan pesawat terbang, dengan cara ini mampu atasi dengan efektif

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 40 persen orang mengalami peningkatan kecemasan ketika hendak berpergian dengan pesawat. Kondisi ini dapat dikatakan sebuah phobia akibat beberapa hal yang pernah melanda seseorang. 

Mengutip laman Huffington Post, Jumat (6/05/2016) phobia kronis dari penerbangan pesawat akan mengakibatkan kondisi seseorang menjadi panik hingga fisik yang diserang rasa sakit.

Nathan Feiles, seorang psychotherapist bersertifikat mengatakan, "Orang yang phobia bisa merasa ia orang yang paling rentan ketika berada di dalam pesawat terbang."

Kondisi ini dapat diredakan hingga disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang efektif melalui tenaga mental profesional. Feiles pun memberikan beberapa tips untuk mengelola rasa kecemasan bagi Anda yang memiliki fobia ini.

- Atur napas 

Kondisi panik sangat mempengaruhi pernapasan Anda. Feiles menyarankan untuk mencoba beberapa meditasi atau latihan pernapasan untuk menenangkan kepanikan.

"Memperpanjang napas Anda dengan menghirup dan menghembuskan napas lebih lama - diikuti dengan memikirkan hal yang menyenangkan akan membantu menenangkan diri Anda," sarannya.

- Mempelajari isi pesawat

Untuk meredakan rasa takut terhadap kondisi ini, cobalah untuk menambah pengetahuan sebagai kekuatan memerangi ketakutan Anda.

"Jika Anda mempelajari sebuah pesawat moderen seperti proses pembuatan pesawat, akan membantu Anda meringankan rasa takut selama penerbangan berlangsung. Dan memastikan bahwa pesawat yang Anda tumpangi memiliki sayap yang aman," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini