Sukses

2 Cara Praktis Sajikan Salmon Sehat di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Salmon, jenis ikan yang memiliki siklus migrasi dari air tawar dan air laut ini merupakan bahan makanan lezat yang tentunya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Rupa dari daging ikan ini memiliki warna merah kekuningan atau oranye. Tekstur yang lembut dan kenyal akan memanjakan lidah saat Anda menyantapnya. Salmon bermanfaat untuk kesehatan hati, otak, dan kulit kita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut juga kematangan ikan yang tepat, ada teknik khusus yang perlu diperhatikan, seperti dilansir laman, Greatist, Jumat (6/5/2016). 

Mengolah salmon bisa Anda lakukan sendiri di rumah karena caranya cukup mudah. Bisa dimasak di atas kompor juga oven. Namun, untuk mendapatkan tingkat kematangan dan tekstur daging salmon yang sempurna, Anda memerlukan bahan berikut:

- Minyak Zaitun

- Mentega- Garam

- Merica

Bahan tersebut digunakan untuk menghilangkan rasa atau aroma amis atau anyir. Ada dua cara memasak salmon yang mudah dan sehat.

Di atas kompor

1. Panaskan mentega pada wajan lalu tambahkan sekitar satu sendok teh minyak zaitun di seluruh permukaan wajan. Panaskan selama tiga menit hingga bahan tersebut mencair.

2. Letakkan ikan salmon yang sudah diiris tipis atau dengan teknik fillet di atas wajan. Tambahkan garam dan merica secara merata di atas permukaan daging salmon.

3. Masak salmon selama 3 hingga 5 menit. Jika warna oranye pada daging salmon telah berubah menjadi sedikit memutih, balik salmon di sisi lain dan biarkan 3 hingga 5 menit.

4. Saat kedua sisi telah matang, tiriskan salmon tersebut dan tambahkan beberapa jenis makanan pendukung lainnya seperti brokoli, beras merah, atau bayam.

Dengan oven

1. Mulailah dengan memanaskan oven hingga 400 derajat. Lalu siapkan loyang yang dilapisi dengan foil - juga semprotkan cairan antilengket agar salmon tak sulit untuk dimasak.

2. Sebelum memasukkan salmon ke dalam oven, taburkan dengan garam dan merica secukupnya lalu teteskan beberapa minyak zaitun.

3. Panggang selama 10 hingga 12 menit untuk mendapatkan kematangan salmon yang tepat.

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk