Sukses

Jus Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Seperti Obat

Liputan6.com, Jakarta Saat makan tart, kita sering mendapati buah cherry sebagai penghias kue. Namun, buah cherry ternyata tak sekadar berfungsi sebagai pemanis saja, studi menemukan fakta mengonsumsi jus cherry sama baiknya dengan obat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Minum jus cherry 60 ml yang dicampurkan dengan air, bisa menurunakn tekanan darah hingga tujuh persen setelah tiga jam. Kondisi ini sudah bisa memangkas risiko terkena strok 38 persen dan penyakit jantung hingga 23 persen.

Hebatnya lagi, dampaknya pada orang dengan tekanan darah tinggi sama seperti mengonsumsi obat seperti diungkapkan peneliti dari Northumbria University, Inggris.

Melansir laman Daily Mail, Kamis (5/5/2016) peneliti menduga, kandungan asam fenolik dalam buah cherry yang merupakan sumber antikoksidan alami.

"Ini adalah studi pertama yang melakukan investigasi efek cherry pada pria yang mengalami gejala hipertensi awal. Berdasarkan penelitian ini kami meyakini komponen pada cherry memberi dampak positif pada fungsi vaskular," tutur salah satu peneliti Profesor Glyn Howatson.