Sukses

Terapi Ini Ampuh Bawa Pengidap Insomnia Tidur Lelap

Terapi untuk para pengidap insomnia, kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, telah ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Terapi untuk para pengidap insomnia, kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, telah ditemukan, yaitu terapi perilaku kognitif untuk insomnia (Cognitive behavioral therapy for insomnia/ CBT-I). Terapi ini diharapkan menjadi pengobatan lini pertama bagi orang dewasa pengidap insomnia akut.

Dengan terapi CBT-I, orang dengan insomnia akut tidak perlu lagi mengonsumsi obat tidur, yang berisiko membahayakan hidup mereka di kemudian hari. Menurut peneliti dari American College of Physician, CBT-I telah melalui berbagai fase percobaan sehingga cocok diterapkan pada orang-orang yang mengalami kesulitan tidur yang nyenyak. 

CBT-I adalah pengobatan yang efektif dan dapat dimasukkan ke dalam perawatan primer. Harus diketahui juga, meski terapi perilaku kognitif untuk insomnia memiliki efek samping, tapi tidak sampai mengancam jiwa pasien bila dibanding harus minum obat terus menerus.

Seperti dikutip dari situs Times of India, Rabu (4/5/2016) studi yang telah dipublikasikan ke dalam Annals of Internal Medicine menekankan, jika CBT-I sendiri tidak berhasil juga, American College of Physician merekomendasikan dokter harus membicarakan ke pasien untuk diberikan terapi tambahan berupa pemberian obat-obatan. Namun, dokter harus membahas terlebih dulu manfaat, bahaya bila mengonsumsi obat tidur, dan biaya obat untuk pengidap insomnia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia

  • Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

    Gangguan Tidur

  • Sulit Tidur

Video Terkini