Sukses

Kekuatan Cinta Mengalahkan Trauma Perang

Liputan6.com, Hartshill - Trauma karena peperangan memang membekas secara mendalam dalam jiwa penderitanya sehingga bisa merusak hubungan dengan orang lain. Namun, bukan tak mungkin cinta akan kembali.

Dikutip dari Independent pada Selasa (3/5/2016), seorang veteran Perang Dunia II yang ikut dalam pendaratan D-day di Normandy memutuskan hubungan dengan tunangannya setelah kembali dari medan perang. 

Roy Vickerman yang berasal dari Hartshill, Staffordshire, ini mengalami trauma perang. Setelah 70 tahun, dengan bantuan seorang penyiar radio setempat, pria itu bertemu kembali dengan tunangan yang diputuskannya 70 tahun lalu.

Pria berusia 90 tahun itu kemudian kembali bertunangan dengan Nora Jackson (89). Nora sendiri telah kehilangan suaminya.

Pasangan itu pertama kalinya bertemu ketika Vickerman diungsikan dari London ke kota tempat tinggal Jackson di Stoke on Trent. Ketika mulai bersekolah, pria itu berdiri di depan kelas dan memperhatikan ada seorang “gadis cantik”.

Ketika bertemu lagi di sebuah hotel setempat selagi berkumpul bersama teman-teman, Vickerman yang saat itu berusia 18 tahun mengajak berkenalan.

Baru kenal sebentar, pemuda itu dikirim ke pendaratan D-Day pada Juni 1944 dan Pertempuran Bulge, salah satu pertempuran paling besar dan mematikan selama Perang Dunia II. Pertempuran 6 minggu antara Desember 1944 dan Januari 1945 itu menewaskan sekitar 110 ribu pasukan Sekutu.

Ketika Vickerman kembali ke Inggris, pasangan itu meneruskan hubungan tapi hubungan itu putus lagi karena sang pemuda menderita gangguan yang sekarang ini mendapat diagnosa sebagai gangguan stres setelah trauma (post traumatic stress disorder, PTSD).

Katanya kepada BBC Midlands Today saat itu, “Saya hanya ingin sendiri, saya membatalkan pertunangan ini. Nora sungguh baik. Ia seorang wanita terhormat dan mengirimkan kembali cincinnya kepada saya.”

Keduanya melanjutkan hidup masing-masing dan menikah dengan pasangan masing-masing serta memiliki keturunan. Tapi sekarang Nora Jackson mengenakan lagi cincin asli yang dulunya diberikan Vickerman dalam pertunangan.

Artikel Selanjutnya
4 Fakta Menarik Petenis Muda yang Nyaris Bikin Federer Menangis
Artikel Selanjutnya
Juara Bertahan AS Terbuka Tersingkir di Putaran Pertama