Sukses

Cara Buat Rumah Jadi Tempat Menenangkan

Liputan6.com, Jakarta Demi menjaga kebahagiaan, penting untuk selalu menyisihkan waktu agar bisa melepas lelah. Tapi, jika rumah Anda adalah tempat yang ramai dan sibuk, susah mungkin untuk menemukan waktu untuk diri Anda sendiri.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Anda bisa menciptakan 'pojok ketenangan'. Sebuah sudut atau tempat kecil di rumah yang merupakan tempat Anda sendiri, dan didesain semaksimal mungkin untuk bisa mengusir stress.

Ini beberapa cara menciptakannya, seperti dilansir dari Huffington Post, Minggu (1/5/2016):

1. Gunakan warna biru

Psikologi warna mengatakan bahwa warna biru bisa menciptakan efek menenangkan. Ubahlah tempat Anda dengan menggunakan warna yang dapat membuat Anda santai.

2. Pajang banyak foto

Jika Anda membutuhkan alasan agar bisa mencetak foto-foto baru dan menggantungnya, ini dia. Sebuah penelitian menemukan bahwa nostalgia bisa membuat Anda merasa lebih riang dan lebih optimis.

Dengan menempatkan foto-foto kenangan di pojok ketenangan, Anda akan meninggalkan ruangan tersebut merasa lebih bahagia dibanding saat Anda memasukinya.

3. Bebas bising

Manusia biasanya buruk dalam menghadapi waktu yang lowong. Sebuah studi bahkan mengatakan, beberapa orang lebih memilih untuk disetrum dibanding harus sendirian saja dengan pikiran mereka.

Namun, jangan menganggap remeh kekuatan dari keheningan. Sedikit hening dapat membantu Anda fokus, meningkatkan kreativitas, dan bahkan bisa menjadi therapeutic alias menterapi Anda.

4. Sediakan lilin beraroma lavender

Sensor penciuman Anda berhubungan langsung dengan pusat emosi di otak. Jadi, salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan menghirup aroma yang tepat.

Lavender memiliki efek yang menenangkan. Sebuah studi menunjukkan bahwa bau-bauan bisa membantu Anda tidur. Jika Anda tidak menyukai aroma ini, carilah aroma lain yang lebih sesuai untuk Anda.

5. Tak ada peralatan elektronik

Poin utama dari pojok ketenangan adalah sebuah tempat untuk membebaskan Anda dari berbagai tuntutan dan kewajiban. Jadi, agar tempat ini bisa berfungsi optimal, buatlah pojok ketenangan Anda menjadi tempat yang bebas teknologi.

Matikan telpon, jangan letakkan layar apapun--termasuk tentunya layar tv--dan lakukan apapun yang Anda perlukan agar terbebas dari gawai.

Penelitian menunjukkan bahwa melepaskan diri dari teknologi dari waktu ke waktu dapat mengembangkan kesehatan mental Anda.

Artikel Selanjutnya
Ibu, Ini Rahasia Bikin Anak-anak Betah di Rumah
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Menangkal Ular Masuk Rumah