Sukses

ASI Melimpah dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Agar pasokan ASI melimpah ada beberapa asupan makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada saat menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Air Susu Ibu alias ASI merupakan makanan terbaik bagi enam bulan pertama kehidupan buah hati. Bayi yang eksklusif mengonsumsi ASI, terutama selama enam bulan pertama kehidupannya akan lebih tahan terhadap infeksi, penyakit pernapasan, diare, serta aneka penyakit lainnya.

Oleh karena itu penting sekali bagi ibu untuk mengonsumsi makanan bergizi yang akan berpengaruh pada ASI. Agar pasokan ASI melimpah ada beberapa asupan makanan yang sebaiknya dikonsumsi para ibu pada saat menyusui. Melansir laman Boldsky, Minggu (1/5/2016).

1. Air

Jangan remehkan air. Ini adalah komponen yang peling penting dibutuhkan tubuh, termasuk ibu hamil. Kebutuhan air yang tercukupi dalam tubuh akan mencegah tubuh dari kelelahan serta meningkatkan kemampuan dalam memproduksi ASI. 

Di dalam air pun mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh ibu dalam memproduksi ASI.

2. Kacang almond dan pistachio

Dua jenis kacang yang satu ini sudah diketahui banyak orang kelezatannya. Sangat tepat dijadikan camilan bagi para ibu ketika menyusui. Konsumsi beberapa jam sekali dalam porsi kecil hingga bayi berusia 6-12 bulan untuk memberikan energi pada ibu.

3. Wortel

Sayuran yang diperkaya beta karoten, wortel baik untuk ibu dan bayi. Selain itu, wortel kaya vitamin dan mineral yang berpengaruh meningkatkan produksi ASI.

4. Oatmeal

Bagi ibu-ibu yang memiliki masalah pencernaan, oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi ibu hamil. Selain itu, oatmeal yang kaya serat juga menurunkan risiko ibu memiliki masalah pada tekanan darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.