Sukses

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Berkebun Strawberry

Berdasarkan penelitian dari Universitas Essex dan Westminster, berkebun dua kali seminggu bisa meningkatkan mood orang yang tengah stres.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan penelitian dari Universitas Essex dan Westminster, berkebun dua kali seminggu bisa meningkatkan mood orang-orang yang tengah dilanda stres. Rasa lelah pun hilang ketika mata melihat segarnya pemandangan hijau. Jika Anda tak memiliki pekarangan yang cukup luas untuk berkebun, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam tumbuhan dalam pot.

Salah satu tanaman buah yang akan tampak cantik saat tiba masa panen adalah strawberry. Buah berwarna merah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mencegah penyakit jantung. Kandungan flavanoid dalam strawberry bisa melebarkan pembuluh darah dengan melawan penumpukan lemak yang biasanya menyumbat arteri koroner di jantung.

Individu yang sering mengonsumsi strawberry dan blueberry dalam seminggu, risiko penyakit kardiovaskularnya turun hingga 32 persen, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsinya sama sekali.

Bagaimana cara berkebun strawberry yang baik? Simak lima tips penting yang kami kutip dari laman Popsugar, Minggu (1/5/2016) berikut ini:

1. Tanam strawberry di cuaca yang tepat

Diperlukan hingga 30 hari sebelum Anda bisa memanen strawberry. Suhu ideal untuk menanam buah ini adalah 70-80 derajat Fahrenheit di siang hari dan sekitar 60-65 derajat Fahrenheit di malam hari. Strawberry membutuhkan enam hingga 10 jam cahaya matahari langsung. Jadi letakkan pot-pot strawberry Anda di lokasi yang strategis.

2. Jangan menanamnya bersama tomat, paprika, atau terong

Hindari menanam strawberry dengan tomat, paprika, terong, brokoli, kale, dan kubis. Menanam buah di samping buah atau sayuran lainnya sama saja dengan mengubahnya mejadi pengontrol hama secara alami dan meningkatkan kemungkinan gagal panen.

3. Buat komposit

Pastikan Anda membuat komposit di tanah sebelum mulai menanam strawberry. Buah satu ini menyukai tanah yang sedikit asam.

4. Tanam di pot besar

Strawberry memerlukan ruang untuk bertumbuh, jadi pastikan ada ruang cukup untuknya berkembang.

5. Jangan kubur bagian akar strawberry

Sebaiknya jangan timbun bagian akar dengan tanah karena akan membuat tumbuhan itu membusuk.

6. Pastikan membuang daun yang cokelat

Sangat penting membuang bagian daun yang kering, kecokelatan, terutama yang tumbuh di dekat dasar tumbuhan yang menjuntai ke tanah. Juga pastikan untuk menjaga tanaman ini dari rumput liar yang tumbuh di sekitarnya jika Anda berkebun strawberry di lahan pekarangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini