Sukses

7 Cara Sederhana Bersihkan Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Ginjal memiliki banyak fungsi di tubuh manusia. Salah satunya membersihkan racun dan produk limbah di tubuh kita. Tapi, terkadang ginjal begitu terbebani ketika terlalu banyak racun masuk ke tubuh sehingga Anda perlu membersihkannya.

Ada berbagai cara untuk membersihkan ginjal dan prosesnya sederhana. Anda tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membersihkannya apabila melakukan beberapa tips di bawah ini seperti dilansir dari Boldsky, Minggu (1/5/2016):

1. Jus sayur

Beberapa sayuran yang baik untuk membersihkan ginjal adalah kangkung, bayam, wortel, selada, mentimun, dan seledri. Sayuran ini mengandung nutrisi dan antioksidan yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh Anda.

2. Lemon

Beberapa penelitian menyebutkan jus lemon bisa meminimalkan risiko batu ginjal. Minumlah jus secara teratur.

3. Makan apel

Anda yang tak suka dengan sayuran bisa memilih mengonsumsi buah-buahan yang bisa membersihkan gjnjal. Buah-buahan itu seperti apel, peach, nanas, pir, dan jeruk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus Cranberry

4. Jus cranberry

Jus cranberry dikatakan bisa mencegah beberapa jenis infeksi saluran kencing. Tapi, pilihlah cranberry organik dan nikmati kesegaran serta manfaatnya.

5. Jus campuran

Cobalah mencampur jus lemon dengan beberapa tetes cuka sari apel dan secangkir air. Konsumsi jus campuran ini sesekali karena baik untuk ginjal.

6. Jus bit

Bit mengandung phytochemical yang sehat. Bahkan, jus bit dapat mengurangi kadar asam dalam urine. Alhasil, minum jus bit dapat meningkatkan fungsi ginjal.

7. Air putih

Langkah yang paling penting adalah minum cukup air putih dengan interval reguler. Tanpa air, Anda jangan bermimpi ginjal bakal sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini