Sukses

Cegah Sindrom Metabolik dengan Rutin Konsumsi Raspberry

Liputan6.com, Jakarta Jika ada keluarga yang mengalami sindrom metabolik atau sindrom X yang merupakan kumpulan dari sejumlah risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular, sebaiknya mengganti makanan penutup Anda dengan mengonsumsi buah raspberry hitam segar.

Satu studi menunjukkan, ekstrak raspberry hitam secara signifikan dapat meningkatkan sirkulasi sel progenitor endotel (EPC) yang membantu memperbaiki dan regenerasi arteri yang rusak.

Han Saem Jeong, Sohyeon Kim, dan beberapa peneliti lain dari Universitas Anam Hospital Korea (Seoul) dan Gochang Black Raspberry Research Institute (Korea) menggambarkan hasil dari uji coba yang membandingkan dua kelompok dari pasien dengan sindrom metabolik.

 

Satu kelompok menerima 750 miligram ekstrak raspberry hitam dalam satu hari, dan kelompok yang lain menerima plasebo selama 12 minggu.

Dikutip dari situs Times of India, Sabtu (30/4/2016), dalam artikel itu para peneliti memperlihatkan terjadinya perubahan pada ukuran kekakuan arteri, tekanan darah, sirkulasi EPC, dan sejumlah penanda inflasi untuk dua kelompok pasien. Setelah itu penelitian ini diterbitkan ke dalam Journal of Medicinal Food.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini