Sukses

Perkembangan Payudara pada Anak Perempuan

Liputan6.com, Jakarta Proses pertumbuhan payudara terus berlangsung secara perlahan begitu tubuh anak perempuan mengalami perubahan yang dimulai begitu menginjak usia 11 sampai 14.

Payudara yang berukuran kecil itu lama kelamaan akan berubah jadi besar karena dipicu hormon estrogen dan estradiol. dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS menjelaskan, hormon estradiol juga memicu pertumbuhan rahim serta ledakan pertumbuhan (growth spurt) saat ia memasuki masa pubertas.

"Payudara yang besar biasanya karena memiliki jaringan lemak yang lebih banyak. Ketika perempuan hamil, payudara juga membesar karena diisi ASI yang nanti untuk dikonsumsi si buah hati," Kata Boyke yang memasukan penjelasan ini ke dalam buku Adik Bayi Datang Dari Mana? yang ia tulis bersama Dr Sonia Wibisono dikutip Sabtu (30/4/2016)

 

Lebih lanjut, tak cuma payudara saja yang tumbuh, saat pubertas bagian pinggul anak perempuan juga mengalami perubahan. Sebelum membesar, terlebih dulu kaki yang menjadi bagian pertama mengalami pertumbuhan pesat.

Untuk pundak dan pinggul, proses perubahannya terjadi secara bersamaan dengan memanjangnya tubuh anak. "Lagi-lagi hormon wanita yang membuat terjadinya penyebaran lemak sehingga panggul (pelvis) dan pinggul melebar, serta pinggang menyempit," kata Boyke.

Ini adalah tugas ibu untuk melihat perkembangan payudara pada anak perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini