Sukses

Haruskah Penyanyi Bermusuhan dengan Gorengan dan Minuman Dingin?

Liputan6.com, Jakarta Pita suara adalah aset bagi seorang penyanyi, sama seperti otot yang merupakan aset berharga yang dimiliki binaragawan. Yang jika jarang dilatih akan kendur. Penyanyi harus tahu kapan waktu yang tepat melatih agar suara selalu baik.

"Penyanyi harus tahu ilmu itu. Kapan saatnya harus santai dan kapan suara boleh digeber, pakai tanda kutip," kata Doddy Katamsi, coaching vocal ternama yang memiliki mimpi bisa duet bersama Ariel Noah saat berbincang dengan Health Liputan6.com ditulis Sabtu (30/4/2016)

 

Doddy juga mengibaratkan pita suara sebagai mobil yang kalau digeber terus-terusan akan cepat jebol. "Setiap hari memang harus ada pemanasan yang dilakukan agar menjaga pita suara tidak teraniaya. Namun, harus digunakan dengan benar. Kalau lagi sakit jangan dipaksain nanti jebol. Misal lagi radang, ya istirahat saja," kata Deddy menambahkan.

Mengenai apakah penyanyi wajib menghindari makanan yang berminyak dan minuman dingin, Doddy menjawab,"Itu tentatif. Ada orang yang rentan sama air dingin dan makanan pedas serta gorengan, ada juga yang tidak. Tidak berlaku mutlak."

Menurut Doddy, ada juga penyanyi yang kebal sama makanan dan minuman seperti itu. "Karakter penyanyi saja berbeda, begitu juga dalamannya. Ada yang mau makan gorengan tetap saja bisa bernyanyi," ujar Doddy.

Makanan dan minuman memang perlu dijaga, tapi hal paling penting yang harus diperhatikan seorang penyanyi adalah menjaga teknik bernyanyi yang benar. Salah-salah bisa cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.