Sukses

Kenapa Jadi Ingin Kencing Saat Lewat Toilet? Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalaminya. Ketika melewati toilet, ada rasa ingin kencing atau berkemih meski tidak kebelet. Rasanya seperti harus buang air kecil saja begitu ke toilet. Hal ini ternyata ada penjelasannya.

Tim psikolog dari SciShow menerangkan kondisi ini secara sederhana karena otak kita telah terlatih untuk buang air di toilet. Ketika kita mendengar suara air di toilet, hal ini akan merangsang otak untuk melepaskan kebutuhan untuk buang air atau kencing.

"Ini semua tentang kekuatan sugesti. Hal ini dimulai ketika kita terbiasa masuk toilet dan saat itu pula otak kita merespon suara air di kamar mandi," ujar psikolog, seperti dikutip Mirror, Jumat (29/4/2016).

Sebenarnya hal ini tidak mengherankan karena beberapa dokter dikenal menggunakan suara air mengalir untuk membantu pasien yang memiliki kondisi paruresis atau jenis fobia ketika penderita tidak dapat kencing berdekatan dengan orang lain, khususnya di toilet umum. Selain itu, juga untuk membantu orang-orang yang telah menjalani operasi prostat.

Dalam beberapa kasus, dokter juga kerap menggunakan gambar dan suara air keran atau air sungai mengalir serta air terjun sehingga mereka bisa kencing di toilet umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini