Sukses

Benarkah Ada Krim yang Bisa Memutihkan Kulit?

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata "krim pemutih." Tapi, apakah benar sekedar krim bisa membuat kulit Anda jadi lebih putih.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata "krim pemutih." Tapi, apakah benar sekedar krim bisa membuat kulit Anda jadi lebih putih. Dan seandainya berhasil, apakah hal ini aman secara jangka panjang untuk kesehatan kulit.

"Kata brightening (mencerahkan) biasanya berarti 'memudakan', 'mengaburkan', atau 'bleaching--memutihkan', namun tidak selalu seperti itu," jelas Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatologist Group, yang dikutip dari laman Health, Jumat (29/4/2016).

Penjelasan itu lalu disambung oleh Dr. Whitney Bowe, dokter spesialis kulit selebriti dari Amerika, yang mengatakan, krim pemutih mengandung zat-zat yang dapat menghentikan produksi pigmen atau mengeluarkan pigmen dari dalam kulit.

Ketika kulit Anda memiliki bintik-bintik hitam, biasanya disebabkan karena dua hal. Yang pertama noda hitam disebabkan karena iritasi atau bekas luka, seperti jerawat, sedangkan yang kedua, bintik dan noda hitam pada kulit disebabkan oleh radiasi sinar matahari.

Krim-krim pemutih memiliki kandungan yang bisa menghilangkan noda hitam tadi. Baik dengan cara menghentikan produksi pigmen, atau mengangkat pigmen yang ada dan mengembalikan kulit ke warna semula.

"Hydroquinone adalah salah satu zat yang umum digunakan di dalam krim pemutih. Cara kerjanya adalah dengan melakukan bleaching pada kulit Anda. Zat ini aman bagi Anda yang berkulit terang, namun, Anda yang berkulit gelap sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan krim yang mengandung zat ini," jelas Nazarian.

Selain itu, vitamin C adalah zat pemutih lain yang sering digunakan karena bersifat antioksidan, sama halnya dengan kojic acid yang juga mulai populer belakangan ini. Kedua hal ini bekerja dengan cara memudakan warna kulit Anda, sehingga dianggap lebih aman.

Namun Bowe mengingatkan, untuk mendapatkan kulit yang cerah, hal pertama yang harus dilakukan adalah melindungi kulit Anda. "Orang-orang dengan warna kulit yang tidak rata akan dapat merasakan manfaat dari krim pemutih, tapi penting bagi Anda untuk menggunakan tabir surya," lanjutnya lagi.

Namun, krim pemutih tidak disarankan bagi Anda yang berkulit gelap, karena bukannya membuat kulit Anda putih, krim jenis ini malah bisa membuat kulit Anda menjadi berwarna tidak rata bahkan iritasi.

Lebih baik gunakan krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menjadikannya lembab berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini