Sukses

7 Langkah Praktis Atasi PMS

Namun untuk mengatasi PMS, ada beberapa cara yang dapat dilakukan para wanita.

Liputan6.com, Jakarta Saat wanita mengalami PMS (premenstrual syndrome), umumnya seribu keluhan akan keluar dari mulut mereka, mulai dari rasa sakit kepala hingga kondisi perasaan yang tak menentu membuat para wanita ingin dimengerti secara berlebih.

Namun untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan para wanita. Melansir laman cbn.com, Jumat (29/4/2016), tujuh cara berikut mampu meringankan ketidaknyamanan Anda dalam menghadapi PMS.

1. Hindari konsumsi garam berlebihan. Dengan membatasi asupan garam dapat mengurangi retensi cairan dan kondisi kembung pada perut, yang memberikan ketidaknyamanan disaat PMS.

2. Minum banyak air mineral. Dengan meminum lebih banyak air dapat pula mengurangi rasa tidak enak pada perut, dan meluruhkan racun tubuh yang dapat memperburuk PMS Anda. 

3. Hindari kafein. Kafein yang dapat meningkatkan ketegangan saraf akan memperburuk PMS. Dengan menghindari kafein, PMS akan berada pada kondisi yang normal.

4. Cukup tidur. Kurang tidur akan menyebabkan wanita mudah merasa lelah dan memicu tingkat stres saat PMS. Atur waktu tidur dengan teratur untuk menghindari emosi bergejolak sewaktu PMS.

5. Konsumsi makanan berkarbohidrat dan berserat. Semasa wanita mengalami PMS, energi akan keluar lebih banyak dari biasanya. Dengan mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat, mampu membantu PMS lebih normal juga baik untuk kesehatan tubuh.

6. Olahraga teratur. Olahraga dipercaya mampu mengurangi tingkat stres wanita, bahkan wanita yang rajin berolahraga mampu mengatur kadar hormon dengan baik jelang PMS.

7. Vitamin tambahan. Mengonsumsi beberapa vitamin tambahan seperti vitamin E akan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh wanita khususnya serta mampu meredakan rasa nyeri pada payudara yang sering terjadi sewaktu PMS.

Vitamin B6 juga perlu dikonsumsi oleh wanita PMS, dengan takaran 50 miligram atau 300 miligram setiap hari, yang berkhasia untuk meringankan gejala PMS yang dahsyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.