Sukses

5 Masalah Kesehatan yang Sering Tak Disadari

Beberapa penyakit bisa menyerang tanpa Anda sadari bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya setiap penyakit memiliki gejala terlebih dahulu sehingga Anda bisa mengatasinya sebelum jadi semakin parah. Namun dari bermacam-macam masalah kesehatan, terdapat beberapa reaksi secara fisik yang tak disadari mengancam kesehatan manusia.

Seperti dilansir laman The Daily Telegraph, Jumat (29/4/2016), lima kondisi kesehatan berikut ini diam-diam adalah sebuah penyakit yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

1. Ruam stres

Kondisi stres yang melanda seseorang dapat menimbulkan beberapa ruam berwarna merah yang gatal, bahkan mengakibatkan beberapa benjolan pada tubuh. Kondisi tersebut memang bersifat sementara, tapi rasa gatal yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari dapat diatasi dengan menggunakan antihistamin.

2. Parasit dalam usus

Parasit yang bernama Blastocystis hominis ini menyebabkan infeksi pada usus. Parasit tersebut berasal dari bakteri yang ada dalam air kolam renang, spa, atau bath-up di mana air dengan parasit tersebut tak sengaja terkontaminasi dalam tubuh, dan cara menanganinya seseorang memerlukan antibotik khusus.

3. Jamur kuku
Inline images 2
Ketika kuku berubah menjadi lebih tebal dan berubah baik itu putih, hijau, kuning atau hitam, hal itu menandakan Anda mengalami infeksi jamur kuku. Untuk mengatasinya diperlukan beberapa obat-obatan antijamur yang biasanya berbentuk krim.

4. Sel darah merah mengental

Sel-sel merah yang berubah bentuk merupakan penyakit yang disebut anemia, di mana kondisi aliran darah akan mengental sehingga mengakibatkan ketidakefektifan darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

5. Bokong gatal
Inline images 3
Kondisi kesehatan ini lebih sering dirasakan oleh para wanita, di mana rasa gatal di bagian lubang anus menyebabkan dermatitis, infeksi, dan ambeien. Untuk mengatasinya, tidak diperbolehkan menggaruk bagian gatal tersebut dan segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini