Sukses

Penyebab Utama Bau Mulut Tak Kunjung Hilang

Ada beberapa hal yang menyebabkan bau mulut tak kunjung hilang.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan bau mulut, seperti misalnya susu, bawang, gula atau makanan asam. Namun tak banyak yang sadar penyebab utama bau mulut justru karena kurang minum.

Seperti dilansir Mirror, Jumat (29/4/2016), dehidrasi merupakan salah satu alasan paling umum dari bau mulut. Jika Anda selalu malas mengisi botol air minum, bisa jadi itu yang menyebabkan Anda mengalami bau mulut sepanjang hari.

"Air liur memiliki antiseptik alami yang berperan dalam mengolah makanan dalam mulut, termasuk mendorong makanan di celah-celah gigi. Air liur juga melindungi gigi dari pembusukan bakteri. Namun, agar tubuh Anda cukup menghasilkan liur, Anda harus minum banyak air sepanjang hari. Jika tidak, mikroba dalam mulut kita akan memakan potongan-potongan makanan dan melepaskan sisa makanan sehingga menyebabkan bau mulut," kata ahli nutrisi Cassandra Barns.

Meski begitu, kata dia, kadang-kadang bau mulut muncul karena adanya gangguan pencernaan. "Jika saluran pencernaan Anda bermasalah, bau mulut pasti mengintai."

"Ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk dalam usus, serta kelebihan gas dalam tubuh Anda dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan konsumsi probiotik secara teratur, dan periksa kesehatan gigi dan mulut enam bulan sekali," pungkas Barns.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.