Sukses

Normalkah Sedikit Pipis Saat Tertawa atau Bersin?

Kelemahan kandung kemih juga dikenal sebagai inkontinensia urine.

Liputan6.com, Jakarta Kelemahan kandung kemih juga dikenal sebagai inkontinensia urine. Biasanya kasus ini memengaruhi perempuan di segala usia dan mereka tidak menyadari keluarnya sedikit urine atau pipis ketika batuk, bersin, atau tertawa.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan inkontinensia urine. Namun pada kebanyakan kasus, hal ini terjadi karena wanita sering menahan buang air kecil, terlalu aktif, mudah marah dan stres.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya dengan melakukan latihan dasar panggul untuk membantu memperkuat dasar panggul.

Guru pilates sekaligus pendiri Body Control Pilates dan penulis buku Pilates for Life, Lynne Robinson, merekomendasikan pilates untuk melatih otot dasar panggul Anda.

"Untuk mendapatkan hasil terbaik, sangat penting untuk melatih otot-otot yang tepat dengan cara yang benar. Inilah sebabnya mengapa bantuan spesialis selalu terbaik. Namun jika memungkinkan, Anda bisa melakukan latihan sendiri," katanya, seperti dikutip Mirror, Jumat (29/4/2016).

Selain pilates, kata dia, konsumsi obat herbal juga akan membantu. Tanaman paku ekor kuda misalnya dapat memperkuat jaringan ikat di tubuh dan kandung kemih karena kandungan silika yang tinggi. Selain itu wortel, apel, bawang, labu, ikan, kacang almond dan biji-bijian mentah juga akan membantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini