Sukses

Sulit Ingat Rute Jalan di Tempat Baru? Bisa Jadi Tanda Alzheimer

Jika Anda termasuk yang mengalami kesulitan mengingat rute jalan di tempat baru bisa jadi tanda awal penyakit Alzheimer.

Liputan6.com, New York- Ada seorang teman yang dapat dengan mudahnya mengingat-ingat rute jalan di tempat baru. Sementara, ada juga yang kesulitan mengingat-ingat rute jalan padahal baru kemarin dilalui. Nah, Anda tipe yang mana? 

Jika Anda termasuk yang mengalami kesulitan mengingat rute jalan di tempat baru bisa jadi tanda awal penyakit Alzheimer. Hal ini diungkapkan peneliti dari Washington University, Amerika Serikat belum lama ini yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease.

"Kemampuan navigasi dapat digunakan sebagai cara untuk mendeteksi dengan sangat dini penyakit yang terkait memori Alzheimer," tutur pemimpin studi Denise Head yang juga profesor pada ilmu psikologi dan otak pada Washington University.

Namun peneliti juga menegaskan, tidak semua orang yang mengalami kesulitan dalam mengingat peta berisiko mengalami Alzheimer di kemudian hari, seperti melansir laman Time, Kamis (28/4/2016).

Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif progresif yang ditandai dengan hilangnya sel saraf secara progresif, terutama di daerah hipokampus dan korteks basal otak depan, menyebabkan penurunan kemampuan menyimpan memori jangka pendek, penamaan dan kemampuan berbahasa, serta fungsi eksekutif. Prevalensi penyakit Alzheimer meningkat antara usia 65-85 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.