Sukses

Alat Kesehatan Era 60-an yang Berkembang hingga Kini

Dunia kesehatan mengalami kemajuan yang cukup pesat dari waktu ke waktu. Peralatan di dunia medis juga mengalami perkembangan.

Liputan6.com, Jakarta Dunia kesehatan mengalami kemajuan yang cukup pesat dari waktu ke waktu. Bukan hanya sebatas ditemukannya obat dari penyakit-penyakit kronis, peralatan di dunia medis juga berkembang.

Berikut ini tiga alat kesehatan pada era 60-an dan masih dipakai hingga kini serta dengan modifikasi yang lebih canggih:

1. Mesin USG

USG pertama kali dibuat pada 1950. Namun alat kesehatan ini baru terkenal pada era 60-an. USG berfungsi untuk melihat apa yang ada dalam tubuh manusia. Hingga kini USG masih tetap dipakai dan mengalami perkembangan, yaitu adanya USG portabel yang lebih praktis digunakan.

2. Alat pacu jantung

Alat pacu jantung pertama kali ditemukan oleh Paul Zol pada 1952. Seperti dikutip dari Nytimes.com, pada 1960 hingga sekarang alat pacu jantung ini mengalami perkembangan dari yang sebelumnya.

3. Endoskopi modern

Tahun 1960 merupakan awal ditemukannya alat kesehatan berupa serat optik yang menjadi dasar endoskopi modern dengan fungsinya untuk melihat organ tubuh seseorang agar dapat memastikan ada tidaknya penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini