Minyak Ikan Baik Untuk Penyakit Radang Sendi

  • Berita
  • 0
  • 30 Okt 2009 17:25

091030bminyak-ikan.jpg
Liputan6.com, London: Sebuah penemuan baru mengenai manfaat minyak ikan bagi kesehatan. Selain baik bagi otak, tulang, dan hati, minyak ikan juga bisa mengobati penyakit radang sendi atau arthritis dan stroke. Demikian dilansir Telegraph, Kamis (29/10).

Para peneliti mengatakan, tubuh mengubah asam lemak dalam minyak ikan menjadi kekuatan bahan kimia antiperadangan yang disebut resolvin D2. Senyawa itulah yang ditemukan pada ikan salmon dan makarel, yang berguna untuk memerangi penyakit.

Orang Inggris menghabiskan sebanyak £ 60 million atau sekitar Rp 947 miliar per tahun untuk suplemen minyak ikan, yang setelah diteliti ternyata baik bagi otak, tulang, dan hati. Bahkan dapat melindungi diri dari bahaya terkena kanker, masalah mata dan sakit-sakitan. Namun, mekanisme "obat mujarab" itu tidak pernah diketahui hingga para peneliti Inggris dan Amerika Serikat membuktikan, tubuh membuat Resolvin D2 dari DHA (docosahexaenoic acid) dan menemukan struktur kimia.

Para Ilmuwan Inggris dan AS yakin, resolvin D2 dapat memberikan dasar pengobatan baru untuk berbagai macam penyakit serius yang terkait peradangan. Daftar itu mencakup sepsis (infeksi bakteri dalam darah) yang berpotensi bereaksi mematikan terhadap infeksi pebabkan peradangan kemarahan melalui tubuh -- stroke dan radang sendi. Eksperimen laboratorium menunjukkan, tubuh mengubah DHA asam lemak minyak ikan menjadi resolvin D2 dan mengungkapkan struktur kimia.

Professor Mauro Perretti dari Queen Mary, University of London, yang memimpin tim dari Inggris mengatakan, ia telah mengenal untuk beberapa waktu bahwa minyak ikan dapat membantu kondisi seperti radang sendi yang terkait dengan peradangan. "Apa yang telah kita tampilkan disini adalah bagaimana proses tubuh bahan tertentu minyak ikan menjadi resolvin D2," katanya.

Kami juga melihat secara rinci bahan kimia itu menentukan setidaknya beberapa cara mengurangi peradangan, kata Perretti, dan  tampaknya menjadi kimia yang sangat kuat dan sejumlah kecil dapat memiliki efek yang besar. "Penelitian ini sangat penting, karena menjelaskan setidaknya satu cara dimana minyak ikan dapat membantu dalam mengobati atau mencegah radang sendi. Bahkan, kemungkinan pengobatan untuk berbagai jenis penyakit lain yang terkait dengan peradangan," jelasnya.

Peradangan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh masuk kedalam "alat penambah kecepatan", yang dikenal memainkan perannya dalam banyak masalah kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, stroke, radang sendi, hingga kanker. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, tahap dalam proses peradangan terjadi ketika sel darah putih menempel pada lapisan dalam pembuluh darah. Para ilmuwan juga menemukan, resolvin D2 membantu mencegah hal itu dengan menghasilkan sejumlah kecil oksida nitrat.(SHA)

Terpopuler