Sukses

Usir Migrain dengan 5 Kebiasaan Sehat

Migrain terjadi akibat penyempitan pembuluh darah hingga peradangan jaringan tertentu di kepala.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari tentu setiap orang membutuhkan energi lebih juga kondisi tubuh yang prima agar mampu menyelesaikan semua pekerjaan. Namun harapan itu bisa tak terpenuhi saat migrain mendadak menghampiri. 

Migrain terjadi akibat penyempitan pembuluh darah hingga peradangan jaringan tertentu di kepala. Tentunya hal itu menimbulkan kondisi tidak nyaman dan rasa sakit. Mengutip laman Mayo Clinic, Rabu (27/4/2016), ada beberapa cara atau kebiasaan yang perlu dilakukan untuk mengatasi migrain.

1. Biasakan tidur tanpa cahaya

Anda bisa mencegahnya dengan membiasakan tidur di ruangan gelap untuk mendapatkan ketenangan dan mencegah migrain datang. 

2. Terapi suhu sebelum tidur

Membiasakan diri melakukan terapi suhu sebelum tidur mampu mengendurkan otot tegang penyebab migrain.

Anda dapat melakukannya dengan cara mengompres kepala atau leher dengan handuk yang direndam dengan air panas atau air dingin. Bahkan, mandi menggunakan air hangat di bawah pancuran sebelum tidur mampu menghindarkan Anda dari serangan migrain. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setop Kafein

3. Setop minuman berkafein

Dalam jumlah kecil sekalipun, kafein bisa memicu rasa sakit kepala seketika. Jika tak ingin migrain melanda, hentikan konsumsi kafein di setiap hari Anda.

4. Atur pola tidur

Membiasakan diri untuk menetapkan jadwal tidur dan bangun tidur di waktu yang sama akan memberikan kenyamanan tubuh dan tidur yang nyenyak. Migrain akan melanda seseorang yang kurang memiliki waktu tidur yang cukup, bahkan waktu tidur yang berlebihan.

5. Perhatikan jenis makanan dan pola makan

Kebiasaan makan pun mampu memicu timbulnya migrain. Dengan mengatur pola makan yang konsisten, atau makan di waktu yang sama setiap hari akan membantu Anda mengusir migrain.

Menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsi pun bisa Anda lakukan untuk meminimalkan migrain, misal dengan menghindari banyak makan keju, cokelat, kafein dan alkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini