Sukses

Ini Khasiat Tersembunyi Teh Daun Mint dan Rosemary

Liputan6.com, Jakarta Mudah bagi individu berusia dewasa mengingat segala sesuatu bila ia rutin minum secangkir teh daun mint atau mencium aroma rosemary. Dua jenis tanaman herbal itu dapat meningkatkan memori jangka panjang orang-orang yang memasuki umur 40 tahun ke atas.

Sebelum mempresentasikan hasil studi ini di Konferensi Tahunan "British Psychological Society" di Nottingham awal April tahun ini, Dr Mark Moss dan tim yang berasal dari Northumbria University melakukan penelitian sederhana dengan melibatkan 180 orang responden. Mereka yang dipilih secara acak diberi secangkir teh daun mint, teh chamomile, dan air panas. Namun, terlebih dulu mengisi kuesioner yang berkaitan dengan suasana hati mereka. 

Teh daun mint, jelas Dr Mark Moss, secara signifikan meningkatkan memori jangka panjang dan kewaspadaan dibanding teh chamomile.

"Penelitian ini menarik untuk melihat efek kontras suasana hati dan manfaat dari dua jenis teh herbal yang berbeda," kata Moss dikutip Daily Mail, Selasa (27/4/2016)

Di lain tempat, penelitian turut melibatkan 150 orang tua usia di atas 65 tahun guna mencari tahu manfaat dari mencium aroma daun rosemary. Mereka lalu dimasukkan ke dalam kamar yang telah dipenuhi aroma daun rosemary dan lavender, serta kamar yang tak diberi aroma apa pun.

Setelah hampir 30 menit berada di ruangan itu, mereka diminta mengikuti sebuah tes yang dirancang khusus untuk menilai fungsi memori jangka panjang.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa aroma daun rosemary dapat meningkatkan ingatan para orang tua dan membuat mereka lebih waspada.

Menurut Lauren Bussey dari Northumbria University yang mempelajari efek rosemary dan lavender, temuan ini mendukung penelitian terdahulu yang menyebut aroma minyak esensial dari rosemary dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang sehat.