Sukses

Hindari Konsumsi 5 Buah ini Saat Menyusui

Berikut lima jenis buah-buahan yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Ibu menyusui harus memilih segala jenis makanan yang akan ia konsumsi. Begitu juga ketika makan buah. Buah pada dasarnya menyehatkan, tapi ada beberapa jenis buah yang justru merugikan si Kecil ketika dia diberi ASI.

Apa pun makanan yang masuk ke tubuh ibu akan memengaruhi kualitas ASI yang diminum bayi. Awalnya bayi yang baru lahir memang menyukai susu yang ada rasa tapi setelah itu perut mereka berontak, akan ada perubahan di tinja dan perubahan perilaku yang membuat mereka jadi rewel.

Berikut buah-buahan yang justru merugikan bagi anak, dikutip dari Boldsky pada Selasa (26/4/2016)

1. Buah jeruk

Jeruk memberi rasa tajam di ASI yang dapat menyebabkan perut si bayi berontak. Hindari konsumsi buah-buah sejenis seperti anggur, jeruk nipis, dan lemon meski mengandung banyak vitamin C.

2. Stroberi

Mengonsumsi terlalu banyak stroberi saat menyusui dapat membuat si Kecil jadi alergi. Tanda-tanda terjadinya diare adalah rewel. Beberapa bayi bahkan mengalami ruam.

3. Nanas

Nanas terasa sangat asam. Begitu dikonsumsi, ASI terasa tengik yang nantinya membuat ruam di popok.

4. Kiwi

Konsumsi kiwi saat menyusui si Kecil adalah hal yang tidak sehat, karena sifat yang terkandung di dalam kiwi membuat anak merasakan adanya gas dan kembung.

5. Ceri

Makan terlalu banyak ceri menyebabkan diare. Karena ceri pada dasarnya adalah pencahar alami. Hindari konsumsi buah-buahan ini ketika sedang menyusui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.