Sukses

Cemas? Konsumsi Avokad untuk Menguranginya

Mengonsumsi avokad bisa membantu kita jadi lebih tenang dan nyaman, cemas pun berkurang.

Liputan6.com, New York- Aneka kejadian bisa membuat rasa cemas hinggap. Ada beberapa terapi dan obat yang bisa mengatasi hal ini. Namun, mengonsumsi beberapa makanan tertentu, salah satunya avokad, juga bisa menurunkan rasa cemas yang melanda.

"Selain menjalankan diet seimbang, minum cukup air agar terhidrasi, membatasi atau menghindari kafein, ada banyak pertimbangan diet lainnya untuk mengurangi kecemasan," tutur dokter Uma Naidoo dalam Harvard Health Publications.

Jenis makanan yang bisa mengurangi rasa cemas yakni karbohidrat kompleks. Tubuh akan melakukan metabolisme pada makanan ini secara perlahan dan menjaga tingkat gula darah tetap stabil yang akan membantu perasaan yang lebih tenang.

Satu hal yang pasti, jangan melewatkan makan karena bisa menurunkan kadar gula darah sehingga membuat orang tersebut merasakan gelisah yang memperparah cemas.

Bagi Anda yang sering mengalami rasa cemas, ada baiknya mengikuti panduan makan berikut ini melansir laman Good Housekeeping, Selasa (26/4/2016).

1. Tambah asupan tinggi magnesium seperti sayuran hijau, kacang, biji-bijian.
Dalam studi yang dilakukan terhadap tikus, jika asupan magnesium dalam tubuhnya rendah meningkatkan perilaku yang berhubungan dengan kecemasan.

2. Konsumi makanan kaya zinc
Contohnya tiram, kacang mete, hati, daging sapi, dan kuning telur.

3. Konsumsi ikan
Studi pada mahasiswa kedokteran di 2011, konsumsi ikan yang dikenal dengan kaya Omega 3, seperti salmon bisa mengurangi kecemasan.

4. Konsumsi avokad
Avokad merupakan salah saut makanan kaya Vitamin B yang membantu melepaskan neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin yang akan membuat perasaan nyaman dan senang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini