Sukses

Diabetesi, Waspadai Potensi Gangguan Pendengaran

Dalam studi terbaru memperlihatkan ada bukti diabetes dapat merusak sistem pendengaran.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes tidak hanya memperpendek harapan hidup, tapi juga menurunkan kualitas hidup . Salah satunya potensi gangguan pendengaran seperti yang diungkap dalam Current Diabetes Reports.

Dalam studi yang dilakukan Elizabeth Helzner dari SUNY Downstate Medical Center, New York, Amerika Serikat terlihat ada bukti diabetes dapat merusak sistem pendengaran. Ini artinya dokter sebaiknya turut memperhatikan kesehatan pendengaran diabetesi.

"Dalam studi yang melibatkan partisipan berusia muda, terlihat hubungan yang kuat antara diabetes dengan gangguan pendengaran, mungkin ini terjadi karena sampel yang digunakan lebih muda," tutur dokter Helzner mengutip dari laman Times of India, Senin (25/4/2016).

Selain potensi adanya gangguan pendengaran, komplikasi pada diabetes juga dalam beberapa hal lain. Ketika terlalu banyak gula menetap dalam aliran darah dalam waktu lama, hal ini dapat memengaruhi pembuluh darah, saraf, mata, ginjal, dan sistem kardiovaskular.

Komplikasi termasuk serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat, gagal ginjal dan disfungsi seksual.

Oleh karena itu penting sekali untuk rutin berkonsultasi ke dokter, mengelola diet dengan baik, aktif secara fisik, dan minum obat oral dan/atau insulin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini