Sukses

Lakukan Ini Jika Anak Lihat Ortu Ciuman

Bagaimana menyikapi bila seorang anak terlanjur melihat orangtua berciuman?

Liputan6.com, Jakarta Usahakan agar orangtua tidak pernah melakukan ciuman bibir di hadapan anak-anak. Jika terlanjur melakukannya dan anak melihat perbuatan Anda berdua, Anda perlu menjelaskan bahwa kegiatan berciuman bibir hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa yang sudah menikah.

Baca Juga

"Katakan pada mereka bahwa ciuman jenis ini tidak boleh dilakukan oleh saudara kandung, misalnya ke kakak atau ke adik," kata Dr Boyke Dian Nugraha SpOG dan Dr Sonia Wibisono di dalam buku Adik Bayi Datang Dari Mana? dikutip Senin (25/4/2016)

Tak dapat dipungkiri, pengaruh televisi atau internet turut menjadi penyebab cepatnya pengetahuan seks untuk anak, termasuk pada balita. Ada anak yang senang melihat idolanya pandai bernyanyi, olahraga, atau berakting. Rasa tertarik seperti ini perlu disikapi secara wajar dan jangan berlebihan.

"Jika kebetulan anak melihat adegan suka-sukaan atau pacaran di film kartun atau di lingkungan sekolah, Anda harus menjelaskan secara logika," tulis mereka.

Ketika anak beranjak dewasa, ada hormon yang membuatnya menjadi memiliki rasa suka kepada lawan jenis. Karena itu pula, seseorang memiliki keinginan berdekatan dan bersentuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini