Sukses

Strategi Kota Batam Temukan Kasus HIV

Berdasarkan data terakhir di 2015, terdapat 641 kasus HIV di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Batam Berdasarkan data terakhir di 2015, terdapat 641 kasus HIV di Kota Batam, Kepulauan Riau. Pada tahun-tahun sebelumnya rata-rata berkisar pada angka 500 kasus per tahun.

"Peningkatan terjadi karena surveilance kita yang sangat ketat. Jadi kita terus menjaring fenomena gunung es itu yang di bawahnya," tutur Kepala bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kota Batam, Sri Rupiati.

Jika dahulu usai penemuan kasus pertama HIV AIDS di tahun 1992 penggalian hanya pada pekerja seks komersil, kini pada banyak elemen masyarakat. Mulai dari kaum homoseksual, pelanggan PSK, istri pelanggan PSK, hingga ibu hamil.

Selain itu Dinas Kesehatan Kota Batam pun melibatkan banyak pihak lain dalam upaya penjaringan orang dengan HIV AIDS. Mulai dari LSM, organisasi masyarakat, dan perusahaan yang berada di Batam.

Sejak 1992 hingga kini, total ada 6364 kasus HIV dan 1775 kasus AIDS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini