Sukses

Makan Malam Bersama Keluarga, Risiko Diabetes Menjauh

Apa sebenarnya manfaat dari makan malam bersama keluarga

Liputan6.com, Jakarta Makan malam bersama orangtua dan saudara kandung memiliki efek menyehatkan buat anak. Umumnya anak lebih fit dan jauh dari risiko mengembangkan masalah makan serta berat badan.

Satu studi dilakukan University of Illinois dengan melibatkan 200 keluarga. Keluarga yang setidaknya duduk bersama menyantap masakan untuk makan malam setidaknya 20 menit setiap minimal empat kali seminggu, memiliki berat badan yang terkontrol dibanding keluarga yang tidak melakukan itu sama sekali.

 

Barbara H Fiese, salah seorang peneliti mengatakan, keluarga memainkan peran dalam memberantas obesitas. Dari keluarga anak bisa hidup sehat atau tidak sama sekali. Komunikasi keluarga merupakan kunci untuk proses kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik yang baik, sehingga terhindar dari obesitas. Obesitas masih menjadi faktor risiko teratas untuk masalah kesehatan, terkait penyakit tidak menular (PTM).

"Meskipun penyebab obesitas komplek, keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebiasaan makan dan berat badan anak. Orangtua harus terlibat dalam perencanaan kampanye hidup sehat," kata dia dikutip dari Times of India, Kamis (21/4/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini