Sukses

Kebiasaan Mandi Bareng Anak Harus Dihentikan Saat Usia 5

Sampai usia berapa seorang anak boleh mendi bareng kakak atau orangtua sendiri?

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mandi bersama anak dapat dijadikan momentum para orangtua mengenalkan anggota tubuh, termasuk kelamin. Pun ketika anak laki-laki memilih mandi bareng kakak perempuan. Beri mereka pemahaman mengenai perbedaan bentuk tubuh anak dan orang dewasa.

Di dalam buku Adik Bayi Datang Dari Mana? karya dr Boyke Dian Nugraha SpOG, MARS dan Dr Sonia Wibisono, dijelaskan bahwa perlu diajarkan juga pelajaran moral di tengah-tengah proses pengenalan bentuk tubuh ini. Misal, tidak boleh memainkan alat kelamin, baik milik sendiri maupun orang lain.

"Ajarkan juga agar si anak tidak memegang area tertentu milik orang lain seperti kelamin, dada, dan paha," ujar Boyke dan Sonia dikutip pada Kamis (21/4/2016).

Begitu si Kecil memasuki usia 5 tahun, orangtua harus melarang anak untuk tidak lagi mandi bareng. Sebab, di usia itu organ reproduksi anak sudah mulai berkembang, sehingga anak mulai merasakan respons seksual.

Pada saat itulah anak sudah harus belajar mandiri, seperti mandi, buang air kecil, dan buang air besar sendiri. Secara perlahan orangtua harus mengurangi kebiasaan mencebok anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini