Sukses

Apa Kata Psikolog: Manfaat untuk Ibu Saat Ayah Ikut Mengasuh Anak

Saat ayah berperan aktif dalam pengasuh anak, tak hanya dia yang mendapatkan manfaatnya, ibu juga.

Liputan6.com, Jakarta Saat ayah aktif mengasuh anak, banyak manfaat yang ia dapatkan, mulai dari kedekatan emosional dengan anak, sampai tingkat stres yang rendah. Ternyata tak hanya itu, seorang ayah yang dekat dengan anak dan tak segan membantu mengurusnya, membuat beban ibu berkurang. Jadi, ayah yang aktif mengasuh, memberi manfaat juga bagi para ibu. 

Menurut Chitra Annisya, psikolog dari Tiga Generasi, ada beberapa manfaat yang bisa ibu rasakan jika memiliki suami yang dekat dan rajin mengurus anak. Hal pertama yang paling jelas tentunya, ibu lebih bisa membagi waktunya. Selain itu, hal ini juga akan menurunkan tingkat stres ibu. 

Jika ayah dan ibu memiliki anak laki-laki, peran ayah tentunya dibutuhkan lebih besar lagi. Karena ada beberapa hal yang memang lebih nyaman dan lebih tepat diajarkan oleh ayah kepada anak laki-lakinya. 

Untuk selengkapnya, simak penjelasan Chitra dalam Apa Kata Psikolog edisi Kamis (21/4/2016) berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.