Sukses

Pankreas Babi Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Diabetes

Peneliti berhasil menggunakan pankreas babi untuk mengobati diabetes tipe 1. Organ binatang ini digunakan dalam operasi transplantasi.

Liputan6.com, Jakarta Peneliti berhasil menggunakan pankreas babi untuk mengobati diabetes tipe 1. Organ binatang ini digunakan dalam operasi transplantasi.

Seperti diberitakan Times of India, Rabu (20/4/2016), program transplantasi dilakukan dalam kemitraan dengan para peneliti dari University of Sydney, Australia. Operasi dilakukan pada tiga pasien yang dilakukan antara Juli 2013 dan Februari 2016 di Third Xiangya Hospital berafisiliasi dengan Central South University di Provinsi Hunan.

"Kerja insulin pasien telah berkurang 80,5 persen, sedangkan dua lainnya berkurang 57 dan 56 persen, kata Prof Wang Wei yang menangani pasien tersebut.

Kantor berita Xinhua melaporkan, penelitian ini diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan organ untuk transplantasi. Sebab diabetes merupakan penyakit kronis yang butuh perawatan medis lanjutan dan pendidikan pengelolaan diri pasien untuk mencegah komplikasi akut dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang.

Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada anak-anak dan dewasa muda yang sebelumnya dikenal sebagai juvenile diabetes. Pada diabetesi tipe 1, tubuh tidak lagi bisa memproduksi insulin. Padahal insulin adalah hormon yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Dengan bantuan terapi insulin, diabetesi dapat mengelola kondisi mereka dan hidup lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini