Sukses

Efek dan Cara Merawat Rambut dari Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet yang tak asing lagi dikenal dengan sebutan sinar UV, benar-benar memberikan pengaruh negatif bagi rambut.

Liputan6.com, Jakarta Paparan sinar ultraviolet atau sinar UV, benar-benar memberikan pengaruh negatif pada tubuh, mulai dari kulit, mata, dan rambut.

Anda tentu bisa mengakalinya dengan menggunakan topi, syal, atau penutup rambut lainnya. Namun selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan alami rambut

Seperti dilansir laman Times of India, Rabu (20/4/2016) inilah efek dan langkah perawatan rambut dari sinar UV:

1. Memudarnya warna rambut

Terlalu sering berlama-lama di luar ruangan dan membiarkan rambut terpapar sinar UV akan mengakibatkan warna rambut jadi memudar. Rambut akan terlihat lebih cokelat atau kemerahan dan terkesan kusam.

Hindari juga melakukan aktivitas fisik yaitu renang di dalam air yang mengandung klorin tinggi di siang hari, sebab akan menyebabkan batang rambut mudah patah.

2. Hindari penggunaan alat pengering rambut

Mungkin mencuci rambut setiap hari menjadi alternatif yang mudah setelah seharian membiarkan rambut terpapar sinar UV. Hal tersebut memang menjadi langkah tepat, namun untuk mempertahankan kelembaban rambut secara alamihindarilah penggunaan alat pengering rambut atau hair dryer.

Penggunaan hair dryer akan menyebabkan rambut semakin kering dan tak sehat. Jika Anda terpaksa menggunakannya, tambahkan produk perawatan rambut untuk menjaga kelemasan rambut dan kehalusan rambut terlebih dahulu.

3.  Potong rambut teratur

Rambut akan tumbuh di setiap harinya dan hal ini akan membantu rambut tetap berada di kondisi yang sehat. Dengan memangkas rambut secara teratur, misal enam sampai delapan minggu sekali, akan membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.