Sukses

Dinkes: Diabetes Penyakit Nomor 5 di Jakarta

Salah satu penyakit yang masuk ke dalam kategori PTM yang harus diwaspadai dan ditekan faktor risikonya adalah diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit tidak menular (PTM) terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyakit yang masuk ke dalam kategori PTM yang harus diwaspadai dan ditekan faktor risikonya adalah diabetes.

"PTM adalah penyakit gaya hidup. Cara makan tidak baik, cara olahraga yang tidak baik juga, dan olahraga pun tidak baik," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2016). Kehadiran Koesmedi mewakili Gubernur DKI Jakarta, Ahok, yang berhalangan hadir.

Koesmedi pun menyebut bahwa saat ini diabetes menempati posisi ke-lima di Jakarta setelah stroke, jantung, kecelakaan lalu lintas, dan kanker.

Darah seorang diabetesi akan mengental yang membuat pembuluh darah kecil di ujung-ujung darah jadi tersumbat. Dampaknya, otak bisa terganggu yang berujung stroke, ginjal mengalami gagal ginjal. "Awalnya memang cuma diabetes, tapi berlanjut ke penyakit lain," ujar Koesmedi. Jangan heran bila pembiayaan untuk penyakit ini cukup menguras kantong. "Itu biaa disembuhkan dengan mengubah pola hidup sehat," kata dia menekankan.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta, lanjut Koesmedi, mengimbau, agar pasar, terutama Pasar Jaya, menyediakan satu ruangan untuk poliklinik. Begitu ada pengunjung pasar yang ingin memeriksa kesehatannya bisa datang ke sana. Poliklinik itu juga dapat dipakai menolong pengunjung yang bermasalah.

"Prinsipnya, warga Jakarta sehat. Keluar biaya besar nggak papa yang penting warganya sehat," kata Koesmedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.