Sukses

5 Alasan Anak Harus Main di Luar Rumah

Panas matahari yang semakin menyengat, membuat banyak orang tua melarang anak-anaknya bermain di luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta Panas matahari yang semakin menyengat, membuat banyak orang tua melarang anak-anaknya bermain di luar ruangan. Terlebih dengan adanya gadget yang bisa menyibukkan anak-anak tersebut di dalam rumah. Namun bermain di luar ruangan nyatanya lebih banyak memberikan manfaat kesehatan bagi anak-anak di masa pertumbuhannya, dibandingkan dengan mengurungnya di dalam. Berikut 5 manfaat yang bisa didapat anak dari bermain di luar rumah, seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu (20/4/2016). 

Meningkatkan penglihatan

Sebuah studi optometri menemukan, anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki penglihatan jarak jauh yang lebih baik dari mereka yang lebih banyak bermain di dalam ruangan.

Meningkatkan kemampuan sosialisasi

Para ahli percaya bahwa membiarkan anak bermain di luar rumah bisa meningkatkan kemampuan sosial secara luas. Dalam area bermain misalnya, tidak semua anak bisa bermain perosotan sebagai yang pertama. Fakta bahwa anak-anak bisa bernegosiasi diantara mereka sendiri bisa meningkatkan kemampuan sosialnya, fungsi eksekutif, serta kemampuan berperilaku.


Meningkatkan fokus

Penelitian telah menunjukkan bahwa suasana hijau luar ruangan ternyata dapat mengurangi gejala ADHD pada anak-anak. Terpapar suasana alam setelah jam sekolah dan aktivitas di akhir minggu bisa sangat efektif dalam mengurangi gejala pengurangan perhatian pada anak.

Juga, fakta bahwa anak-anak ingin mencari tahu mengenai-hal-hal baru yang mereka lihat dapat membantu mereka menjadi lebih mengarahkan diri.

Mengurangi stres

Menghabiskan waktu bermain di luar ruangan merupakan jalan keluar terbaik untuk stres. Hal tersebut membuat anak-anak menjadi lebih santai dan bersifat menyembuhkan (walaupun tidak selalu).

Memberikan asupan vitamin D
Banyak anak yang menderita kekurangan vitamin D. Vitamin mempunyai beberapa manfaat kesehatan, termasuk mencegah anak-anak dari masalah tulang di kemudian hari, diabetes, dan bahkan penyakit jantung. Matahari merupakan sumber terbaik untuk vitamin yang esensial.

Jadi biarkanlah anak-anak Anda bermain di luar rumah tanpa memakaikan krim pelindung matahari selama beberapa saat, lalu setelah cukup waktu, Anda bisa memakaikan krim tersebut kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini