Sukses

Resep Bikin Obat Batuk Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mungkin pernah mengalami batuk dan flu. Namun belum tentu kita cocok dengan pilihan obat over the counter (OTC). Belum lagi, pilihan antibiotik yang kerap dikonsumsi walaupun tidak perlu.

Sebelumnya, Dokter Anak dr Nurul Hariadi MD FAAP dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP) mengatakan, batuk pilek merupakan cara tubuh untuk melindungi paru-paru dari menumpuknya lendir. Jadi meski tenggorokan terasa gatal, ini adalah refleks untuk melindungi tubuh.

Di sisi lain, banyak obat batuk yang menimbulkan ancaman potensi efek samping seperti mengantuk, sembelit, berat badan, dan sebagainya bila dikonsumsi jangka panjang. Nah, sebelum membeli obat, resep berikut perlu Anda coba.

Berikut ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Rabu (20/4/2016):

Bahan

Jahe

Madu

Lemon/jeruk nipis

Merica

Kombinasi bahan-bahan alami ini dapat ditemukan di dapur Anda dan secara efektif meringankan batuk yang mengganggu. Madu dapat menenangkan sakit tenggorokan dan memudahkan lendir keluar. Merica dan lemon dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Sedangkan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di tenggorokan sehingga membantu meringankan batuk terus-menerus.

Penelitian telah menunjukkan, ramuan yang diperoleh dengan bahan-bahan ini juga dapat menenangkan membran tenggorokan yang teriritasi dan menghilangkan lendir dari paru-paru.

Caranya

Parut satu ruas jahe dan masukkan ke dalam blender. Haluskan hingga mendapatkan bubuknya. Setelah itu, peras beberapa tetes lemon dan tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam mangkuk. Campur bahan tersebut dan panaskan selama sekitar 5 menit, sampai sedikit cair. Dinginkan. Sirup obat batuk Anda sekarang siap untuk dikonsumsi. Ambil 2 sendok teh campuran ini setidaknya dua kali dalam sehari untuk hasil terbaik.