Sukses

Manfaat Aspirin untuk Lansia

Satu lagi penelitian yang mengungkap manfaat lain dari aspirin, khususnya bagi orang lanjut usia.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi penelitian yang mengungkap manfaat lain dari aspirin. Dalam studi yang dilakukan di Amerika, peneliti menemukan orang tua di atas 50 tahun yang mengonsumsi aspirin kemungkinan sakit jantung, stroke dan kanker usus jadi lebih rendah.

Seperti diberitakan Mirror, Senin (18/4/2016), peneliti juga mencatat manfaat lain dari pil yang dijual banyak apotek ini yaitu menurunkan risiko pendarahan perut dan usus.

Sebelumnya, The U.S. Preventive Services Task Force (USPSTF) telah merekomendasikan, orang-orang yang berusia 50-69 tahun untuk minum aspirin setiap hari. Obat ini disebut dapat mencegah penyakit kardiovaskular (CVD) dan kanker kolorektal pada orang dewasa berusia 50 sampai 59 tahun yang memiliki 10 persen atau 10 tahun risiko CVD  lebih besar. Yang menarik, obat ini juga disebut menambah harapan hidup minimal 10 tahun.

Penyakit kardiovaskular, gangguan usus dan kanker merupakan penyebab utama kematian utama orang dewasa di dunia barat. Pada 2011, lebih dari setengah dari kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung, kanker atau stroke.

Kendati demikian, para ilmuwan rencananya akan melakukan studi lebih lanjut untuk menilai manfaat aspirin dibawah usia 30, atau lebih tua dari 70. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini