Sukses

Apa Kata Psikolog: Ini Kenapa Ayah Harus Ikut Mengasuh Anak

Liputan6.com, Jakarta Jika sebelumnya orangtua salah berbagi tugas, ibu mengurus anak, dan ayah mencari nafkah, ilmu pengetahuan membuktikan hal itu tidaklah efektif. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan, penting bagi ayah untuk ikut terlibat dalam pengasuhan anak-anaknya, dan tak sekedar jadi sosok pemberi nafkah. 

Hal serupa juga disampaikan oleh psikolog dari Tiga Generasi, Chitra Annisya, yang mengatakan, kedekatan anak dengan ayah penting dan baik untuk perkembangan fisik dan mentalnya. Seorang anak yang dekat dengan ayahnya akan memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Begitu juga dengan sisi psikologis atau mentalnya.

Chitra mengatakan, anak yang dekat dengan ayah akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan positif. Kedekatan mereka dengan ayah akan mempengaruhi hubungan mereka dengan orang-orang lain dalam hidupnya, mulai dari teman hingga pasangan nantinya. 

Apa saja efek positif kedekatan ayah dengan anak? Simak penjelasan Chitra dalam Apa Kata Psikolog edisi Senin (18/4/2016) berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Tak Kunjung Pulang, Anak Mencari Keberadaan Caisar
Artikel Selanjutnya
Lawan Ayahnya, Bocah Ini Beri Jurus Ampuh agar Tak Dihukum