Sukses

Tanggap Alergi pada Anak dengan Cara Ini

Alergi pada anak bisa berdampak jangka panjang. Oleh karena itu penting untuk mengenali, mengonsultasikan, dan mengendalikan alergi anak.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Termasuk terkait penanganan alergi pada buah hatinya. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum memahami cara mengenali gejala alergi atau sudah tahu tapi mencoba-coba mengambil solusi sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Departemen IKK FK UI DR. Dr. Herqutanto dalam acara "Tanggap Alergi Day" pada Minggu (17/4/2016) di Jakarta.

Padahal jika alergi tidak dicegah maupun ditangani dengan tepat bisa menimbulkan aneka kerugian. Oleh karena itu dokter Herqutanto menyarankan bagi orangtua untuk melakukan pengamatan alergi sedini mungkin.

"Alergi memiliki dampak lebih dari sekadar gangguan atau gejala pada pernafasan, kulit, atau pencernaan. Alergi memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan di kemudian hari, seperti timbulnya asma dan rhinitis serta meningkatnya risiko penyakit degeneratif, dan juga dampak sosial seperti harus sering ke dokter, meningkatnya pengeluaran untuk kesehatan, berkurangnya produktivitas orang tua, prestasi belajar anak yang menurun karena sering sakit, dan dampak sosial lainnya,” tutur Herqutanto, dikutip dari siaran pers yang diterima Health-Liputan6.com. 

Peduli terhadap masalah alergi pada anak, Sarihusada mengingatkan orangtua bisa tentang pentingnya melakukan 3 K sebagai bentuk tanggap alergi, yakni kenali, konsultasikan, dan kendalikan seperti diungkap Presiden Direktur Sarihusada, Olivier Pierredon.

Kenali adalah mengenal dengan benar apa itu alergi, faktor risiko, penyebab atau faktor pencetus, serta apa saja gejala alergi. Lalu Konsultasikan yakni melakukan konsultasi kepada dokter begitu risiko diketahui atau terdapat kejadian yang menyerupai gejala alergi. Hal ini adalah untuk memperoleh saran pencegahan, jika masih berupa bakat atau atopik, maupun pengobatan, jika alergi sudah terjadi.

Jangan lupa ‘Kendalikan’ alergi. Ini merupakan tindakan pencegahan maupun pengobatan sesuai saran dokter, seperti mengendalikan penyebab alergi dan memberikan nutrisi yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini