Sukses

Tidak Semua Generasi Milenial Bisa Menjadi Wirausaha

Tidak semua anak yang berasal dari generasi milenial bisa menjadi wirausahawan sukses seperti pemilik Gojek dan Kaskus

Liputan6.com, Jakarta Cerita sukses para pemilik Startup seperti Gojek, Kaskus, dan Bukalapak menjadi daya tarik generasi milenial untuk melakoni hal serupa. Kini, menjadi karyawan di perusahaan mentereng dengan gaji per bulan di atas UMR tak lagi menjadi daya tarik bagi mereka. Mereka yakin bisa menjadi enterpreneuner (wirausaha) yang sukses.

Sayang, obsesi menjadi enterpreuner ini dilakukan tanpa persiapan dan pada akhirnya berakhir dengan kegagalan atau tidak berjalan seperti yang mereka bayangkan. Ya, hal ini umum sekali terjadi pada mereka yang hanya melihat sesuatu dari hasil akhir saja tanpa mengetahui bagaimana proses sampai akhirnya mencapai kesuksesan.

 

"Mereka melewatkan yang namanya how to. Mereka malas mencari informasi padahal kemudahan sudah ada. Selain itu kemampuan pendukung atau skill kurang. Kemalasan ini yang menghambat kesuksesan mereka," kata Dosen Fakultas Psikologi UI, Ivan Sudjana, M.Psi di diskusi Forum NGOBRAS ditulis Sabtu (16/4/2016)

Ivan mengatakan tidak semua generasi milenial cocok menjadi seorang enterpreuner. Perlu karakteristik kepribadian yang kua, terutama dalam hal daya tahan atau resiliensi (daya lenting). Kegagalan tidak selalu dijadikan pelajaran oleh mereka. "Berbeda sekali dengan generasi sebelum mereka, daya lentingnya lebih kuat," kata Ivan menambahkan.

Lebih lanjut ada pengaruh dari didikan orangtua yang lebih memanjakan anak-anak yang berasal dari generasi milenial ini. Hukuman fisik pada anak sangat berkurang sehingga daya tahan mereka pun berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.