Sukses

12 Hal "Ajaib" yang Terjadi Saat Anda Hamil

Kehamilan adalah suatu keajaiban, jadi tak heran jika kemudian ada hal-hal "ajaib" yang terjadi pada tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan adalah suatu keajaiban, jadi tak heran jika kemudian ada hal-hal "ajaib" yang terjadi pada tubuh Anda.

Melansir Purewow, Jumat (15/4/2016), inilah 12 perubahan yang terjadi pada tubuh saat kehamilan:

1. Anda kehilangan kontrol pada kandung kemih

Tak hanya Anda jadi ingin buang air kecil setiap saat, terkadang saat Anda bersin, batuk, atau tertawa terlalu keras, akan ada sedikit air kencing yang keluar.

2. Air susu sudah keluar sebelum Anda melahirkan

Hal ini dikenal sebagai laktasi dini, dan biasanya terjadi pada bulan-bulan terakhir atau bahkan di minggu-minggu akhir. Ini artinya, tubuh Anda sudah sangat siap menyambut kedatangan bayi.

Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan. Sisipkan saja pelapis payudara (breast pad) di dalam bra untuk mencegah susu merembes keluar.

3. Ukuran kaki bertambah

Hal ini terjadi karena dua alasan: Karena tubuh Anda menahan lebih banyak cairan selama kehamilan, rahim menempatkan tekanan lebih besar seiring melebarnya pembuluh darah. Hal ini akan mengacaukan kemampuan tubuh untuk mengalirkan darah secara sukses.

Jangan lantas segera membeli banyak sepatu, karena kebanyakan wanita kembali ke ukuran kakinya semula setelah melahirkan.

4. Kulit berubah warna

Fenomena ini dikenal sebagai hyperpigmentation. Tubuh wanita hamil memproduksi melanin lebih banyak dari biasanya yang kemudian menyebabkan bercak-bercak yang membuat kulit tak sewarna - biasanya di kening atau pipi.

5. Gusi berdarah

Meningkatnya aliran darah dan perubahan hormon bisa membuat gusi bengkak, menjadi sangat sensitif, dan bahkan berdarah.

Hal ini juga bisa menyebabkan hidung Anda berdarah.

6. Anda mengalami heartburn yang menggila

Kita semua memiliki otot di bagian atas perut yang mencegah asam menuju esofagus, sehingga Anda terhindar dari heartburn. Sayangnya, hormon-hormon yang berhubungan dengan kehamilan bisa membuat otot-otot ini melunak, yang membuat Anda terasa selalu ingin bersendawa.

Beberapa saran: hindari makan beberapa jam sebelum tidur dan tidurlah dengan posisi kepala dan dada sedikit terangkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambut tebal dan kulit bersinar

7. Rambut jadi lebih tebal

Ini adalah kejutan yang menyenangkan. Terimakasih pada hormon-hormon di tubuh, rambut Anda bisa terlihat paling indah saat Anda hamil. Tapi jangan terlalu senang, rambut akan kembali rontok setelah Anda melahirkan.

8. Akan muncul garis aneh di sepanjang perut

Tiga dari empat wanita hamil memiliki garis gelap di sepanjang abdomennya. Garis ini disebut linea nigra (garis hitam), dan disebabkan oleh hormon kehamilan.

Garis ini terlihat lebih jelas pada wanita yang berkulit gelap, dan hampir selalu hilang setelah melahirkan.

9. Ketajaman indera meningkat

Indera perasa dan penciuman Anda akan jadi sangat sensitif dan berubah. Jadi bisa saja Anda jadi tidak menyukai atau bahkan mual ketika mencium atau membayangkan makanan kesukaan Anda.

Dan jangan heran jika tiba-tiba Anda bisa mencium bau makanan yang ada di ujung lain kantor Anda.

10. Anda akan jadi sangat gatal

Pada trimester akhir, kulit perut akan mulai jadi sangat gatal. Ini disebabkan dari kombinasi kulit yang sangat kering, dan fakta bahwa pertumbuhan bayi membuat kulit Anda tertarik.

11. Suara Anda berubah

Seiring meningkatnya kadar estrogen dan progesterone, pita suara bisa membengkak. Hal ini akan membuat Anda terdengar seperti remaja pria yang baru puber.

12. Kulit jadi lebih bersinar

Hal ini adalah fakta, bahwa wanita hamil memang benar-benar "bersinar". Hal ini disebabkan karena aliran darah yang meningkat.

Jadi, walaupun gusi Anda berdarah, Anda merasa mual, perut Anda bergaris, setidaknya kulit Anda akan terlihat luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.