Sukses

Menpora: Asyiknya Jalan Sehat Sarungan

Olahraga pagi jalan sehat dengan mengenakan pakaian olahraga mungkin sudah biasa. Tapi jalan sehat di Banyuwangi kali ini terbilang unik.

Liputan6.com, Banyuwangi Olahraga pagi jalan sehat dengan mengenakan pakaian olahraga mungkin sudah biasa. Tapi jalan sehat di Banyuwangi kali ini terbilang unik.

Jumat pagi (15/4) tadi, ribuan santri dan masyarakat mengikuti olahraga pagi dengan bersarung dalam acara bertajuk Jalan Sehat Sarungan (JSS) di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Tak hanya itu, para santri dan masyarakat yang mengikuti acara ini juga mengenakan kopiah (pria) dan jilbab untuk santri putri. Sebagian lainnya bahkan tidak bersandal alias nyeker.

 

Sebelum jalan sehat, acara yang dibuka Menpora Imam Nahrawi ini juga diramaikan ribuan santri yang ikut melakukan senam aerobik. Menurut rilis yang diterima Liputan6.com, start dan finish acara ini dipusatkan di Lapangan Ponpes Darussalam Blokagung.

 Mereka yang ikuts erta pun tidak pulang dengan tangan kosong. Sebab ada banyak hadiah yang ditawarkan mulai dari sepeda motor, TV, kulkas, laptop, beasiswa, dan puluhan hadiah menarik lain.

 "Kita semua ingin sehat. Maka salah satu sarananya harus berolahraga. Pemerintah mendukung penuh Ponpes Darussalam yang melakukan berbagai terobosan, kita lihat asyiknya jalan sehat sarungan, adventure trail, dan lainnya. Ini berarti ponpes sudah mengajak santri dan masyarakat untuk ikut mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," ujar Menpora. 

Menpora, Jalan Sehat Sarungan. Foto: dok kemenpora

Cak Imam mengatakan, Jalan Sehat Sarungan ini menunjukkan ponpes mendidik santrinya agar sehat lahir batin. "Santri harus di barisan pertama berada di tengah-tengah masyarakat. Santri harus mampu berkompetisi tidak hanya dengan sesama bangsa, tapi juga antar negara. Jangan lupa berdoa, sholat, dan mendoakan orang tua," katanya.

Sebagai Pondok Pesantren terbesar di Banyuwangi, kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh para santri, namun juga alumni serta masyarakat umum.

Ikut hadir pada acara tersebut yakni, Anggota DPR RI FPKB Nihayatul Wafiroh, pengasuh ponpes KH Hasyim Syafaat, Abdul Kholiq Syafaat, dan anggota DPRD Banyuwangi Munif Syafaat, dan Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Arifin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.