Sukses

10 Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh

Apapun suasananya, teh bisa menjadi minuman yang nikmat, terlebih karena minuman ini bisa disediakan dalam keadaan panas ataupun dingin.

Liputan6.com, Jakarta Apapun suasananya, teh bisa menjadi minuman yang nikmat. Terlebih karena minuman ini bisa disediakan dalam keadaan panas ataupun dingin.

Namun manfaat yang dimiliki minuman ini jauh melebihi hanya sekedar menyegarkan. Ada banyak penelitian yang menunjukkan minum teh benar-benar bisa meningkatkan kesehatan.

Setidaknya, minuman ini merupakan minuman bercita rasa yang mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan setiap harinya. Utamanya, banyak studi yang menunjukkan bahwa teh dapat melindungi gigi dan jantung Anda, juga dapat melindungi Anda dari kanker.

Jenis teh yang Anda minum bisa membuat perbedaan. Semua teh non-herbal terbuat dari daun sintesis tumbuhan Camellia. Jumlah pemrosesan daun menentukan apakah Anda akan mendapatkan teh hitam, hijau, atau oolong.

Teh hijau merupakan teh yang pemrosesannya paling minim dan cenderung memiliki kadar polyphenols yang tertinggi, dan tipe satu-satunya yang mengandung tipe polyphenol yaitu, catechin. Karena alasan tersebut banyak penelitian hanya menggunakan teh hijau.

Beberapa teh herbal juga dikenal karena manfaat pengobatannya, termasuk melancarkan sistem pencernaan.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari minuman teh ini:

1. Teh mengandung antioksidan

Antioksidan berperan menjaga tubuh agar tidak menjadi “berkarat” sehingga bisa membantu memperlambat penuaan serta melindungi dari kerusakan akibat polusi.

2. Teh memiliki lebih sedikit kafein dibanding kopi

Campuran herbal tidak mengandung kafein, sementara teh tradisional memiliki kurang dari 50 persen kafein. Artinya Anda bisa mengkonsumsi teh tanpa mendapatkan efek menjengkelkan pada sistem saraf Anda, ujar Leslie Bonci, seorang ahli gizi dan pemilik Active Eating Advice.

3. Teh bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke

"Ada banyak bacaan di luar sana mengenai teh dan kesehatan jantung,” ujar Anna Ardine, manager gizi klinis pada Magee-Womens Hospital of University of Pitsburgh Medical ccanter. “Ini merupakan efek kesehatan yang mempunyai bukti terkuat.”

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan pada awal tahun ini menemukan pengurangan risiko terkena serangan jantung hampir 20 persen, dan pengurangan resiko terkena stroke hampir 35 persen pada mereka yang meminum teh hijau 1 hingga 3 cangkir per harinya.

Dan bagi mereka yang meminum 4 cangkir lebih mengalami pengurangan resiko terkena serangan jantung hingga 32 persen dan level kolesterol LDL yang lebih rendah.

4. Teh bisa membantu menurunkan berat badan

Penelitian tentang hal ini belum begitu kuat, ujar Ardine. Namun studi-studi yang menunjukkan efek tersebut  bergantung kepada besarnya jumlah konsumsi teh, dan yang seringkali berbentuk pil.

5. Teh membantu menjaga tulang

Data dari penelitian terbaru terhadap hewan menunjukkan bahwa teh hijau bisa mencegah pengeroposan tulang.

6. Teh bisa membuat gigi Anda cerah

"Para peneliti Jepang telah menemukan bahwa teh bisa mengurangi kerontokan pada gigi,” ujar Ardine. “Teh merubah kadar pH pada mulut ketika Anda meminumnya dan karena hal tersebutlah bisa mencegah pengeroposan pada gigi.”

Lebih jauh lagi, teh tidak seperti minuman lainnya tidak mengikis enamel gigi, ujar Bonci.

7. Teh bisa meningkatkan sistem imun

Banyak studi yang menunjukkan bahwa teh bisa membuat sel-sel imun berfungsi lebih baik.

8. Teh bisa membantu melawan kanker

Hasil studi pada manfaat ini masih bercampur, dengan kata lain dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, ujar Bonci. Namun, sementara itu, “Jika Anda memiliki sejarah keluarga yang kuat akan kanker dan Anda ingin melakukan segala sesuatu untuk mencegahnya, Anda bisa meningkatkan konsumsi teh Anda,” tambahnya.

9. Teh herbal dapat memperlancar sistem pencernaan

"Teh herbal, khususnya chamomile, bisa sangat baik untuk orang-orang yang menderita sindrom iritasi pada usus besar karena teh hijau bersifat antispasmodic,” ujar Bonci. “Dan teh jahe bisa meringankan mual.”

10. Teh murni bebas kalori

"Merupakan alternatif terbaik pengganti air sebagai minuman bebas kalori,” ujar Bonci. “Teh memberikan banyak pilihan rasa dan macam-macam kegunaan. Anda bisa meminumnya panas atau dingin. Dan Anda tidak perlu menambahkan apapun, walaupun mungkin Anda bisa menambahkan jahe ataupun kayu manis jika Anda menginginkannya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.