Sukses

Sedang Stres? Coba Konsumsi 7 Makanan Menenangkan Ini

Selain cokelat, berikut tujuh makanan yang bisa menjadi teman menenangkan saat sedang stres.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang stres, kita cenderung menumpahkan kekesalan dengan makan. Rasanya dengan makan bisa melupakan sedikit beban yang ada. Namun jangan asal makan karena tidak semua produk makanan menimbulkan rasa tenang.

Selain cokelat, berikut tujuh makanan yang bisa menjadi teman menenangkan saat sedang stres, melansir laman Prevention, Jumat (15/4/2016).

1. Asparagus
Sayuran yang satu ini kaya dengan folat yang membantu hati tetap tenang.

2. Avokad
Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut ini mengandung glutathione, ini adalah suatu zat yang secara khusus yang melakukan pemblokiran terhadap kerusakan di usus. Beberapa penelitian menyebutkan avokad bisa membuat tenang. 

3. Blueberry

Masih ada lagi manfaat bluberi yang wajib Anda ketahui, berikut alasan agar tetap mengonsumsi buah kecil berwarna biru gelap ini
Blueberry mengandung antioksidan dan Vitamin C yang memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Selain itu, peneliti asal Jerman melakukan tes terhadap 120 orang saat melakukan mengerjakan soal matematika yang sulit. Hal ini tentu saja membuat mereka sedikit tertekan namun mereka yang mengonsumsi buah berry, menurunkan risiko tekanan darah dan tingkat kortisol.

4. Kacang mete
Jenis kacang yang satu ini kaya zinc. Kekurangan mineral yang satu ini ternyata berpengaruh terhadap rasa cemas dan depresi.

5. Teh chamomile
Studi dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi teh chamomile mengurangi gejala kecemasan. Selain itu studi lain dari University of Maryland Medical Center membuktikan teh chamomile mampu menenangkan pikiran sehingga tidur jadi lebih tenang.

6.Teh hijau

teh hijau dan lemon. (via: zdravie.sk)
Jika tidak suka teh hitam, Anda bisa memilih teh hijau. Kandungan asam amino yang bernama theanine di dalamnya mampu menenangkan pikiran seperti diungkapkan peneliti dari University of Illinois, Amerika Serikat.

7. Oatmeal
Ini adalah salah satu comfort food yang menyehatkan. Di dalam oatmeal terdapat karbohidrat kompleks yang membantu otak menghasilkan serotonin yang menimbulkan perasaan senang dan tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini