Sukses

Apa Kata Psikolog: Persiapan Pengasuhan Saat Istri Bekerja

Ada dua hal yang harus disiapkan oleh suami dan istri saat istri memutuskan untuk bekerja di luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta Saat istri bekerja di luar rumah, tentunya suami dan istri perlu melakukan persiapan untuk pengasuhan anak mereka. Menurut psikolog dari Tiga Generasi, Pita Wardhani, ada dua hal yang harus disiapkan: teknis dan psikologis. 

Persiapan teknis berhubungan dengan, siapa yang akan mengasuh dan mengurus anak nanti ketika kedua orangtuanya bekerja di luar rumah. Hal ini perlu persiapan yang matang, karena anak harus terbiasa dan kenal dengan pengasuhnya dulu sebelum bisa ditinggal. Selain itu, orangtua juga harus bisa memastikan bahwa orang yang akan mengurus anak mereka, baik itu yang dibayar atau nenek kakek, paham dan bisa mentransfer nilai-nilai yang ingin diturunkan oleh orangtua pada anak.

Sementara itu, persiapan psikologis berhubungan dengan kesiapan suami dan istri sendiri tentang pembagian peran ini. Menurut Pita, diperlukan pembahasan yang terbuka dan menyeluruh antara suami dan istri agar hal ini tidak akan menjadi masalah di kemudian hari.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan Pita dalam Apa Kata Psikolog edisi Jumat (15/4/2016) berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.