Sukses

Minum Alkohol Picu Timbulnya Jerawat

Efek lain yang harus diwaspadai namun jarang disadari mereka yang suka minum minuman beralkohol adalah mengakibatkan wajah rentan berjerawat

Liputan6.com, Jakarta Mungkin alkohol dapat memberikan kesenangan pada Anda dalam waktu sesaat. Namun sebenarnya cairan ini benar-benar memberikan kerugian bagi tubuh.

Sebagian besar individu mengetahui apa efek yang akan terjadi setelah mengonsumsi alkohol, seperti mengakibatkan mabuk pada umumnya, sakit kepala, dehidrasi, mual dan lain-lain. Seperti ditulis laman Boldsky, Jumat (15/4/2016), efek lain yang harus diwaspadai namun jarang disadari mereka yang suka minum minuman beralkohol adalah mengakibatkan wajah rentan berjerawat.

1. Alkohol sebabkan ketidakseimbangan hormon

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara alkohol dan jerawat. Penelitian mengatakan bahwa alkohol dapat menyebabkan hormon manusia menjadi rusak, terlebih ketidakseimbangan testosteron dan estrogen dalam tubuh menjadi faktor utama di balik jerawat. Ketika hormon ini dipengaruhi oleh alkohol, maka kulit akan lebih rentan terhadap jerawat.

2. Pengaruhi sistemkekebalan

Akibat mengonsumsi alkohol kemampuan tubuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat akan berkurang sehingga semakin memudahkan pertumbuhan jerawat.

3. Kerusakan hati akibat alkohol picu jerawat

Umumnya individu mengetahui bahwa mengonsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan kerusakan hati (lever), dan ternyata berhubungan dengan pertumbuhan jerawat.

Hati bertanggung jawab untuk mengatur hormon-hormon dalam tubuh dan menghilangkan racun. Ketika hati melemahkan akibat alkohol maka kemampuan dalam melepaskan racun akan berkurang,sehingga menyebabkan racun akan bertambah dan mempermudah pertumbuhan jerawat pada kulit.

4. Stres dan alkohol

Saat seseorang tengah mengalami stres tak sedikit dari mereka memilih mengonsumsi alkohol dengan berbagai alasan. Namun hal ini mengakibatkan jerawat pada wajah Anda.Dalam kondisi stres tubuh akan menghasilkan ketidakseimbangan hormonal sehingga jerawat akan mudah tumbuh di area tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.