Sukses

5 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Setelah Dimasak

Ada beberapa sayuran yang justru lebih sehat untuk dikonsumsi setelah dimasak.

Liputan6.com, Jakarta Tentu Anda pernah mendengar manfaat mengonsumsi sayuran segar bukan? Memasak sayuran hingga terlalu matang akan membuat nutrisi yang dikandungnya banyak terbuang. Hanya saja, ada beberapa sayuran yang justru lebih sehat untuk dikonsumsi setelah dimasak.

Sayuran apa saja yang harus dimasak agar Anda mendapat manfaatnya, ini lima di antaranya, dilansir dari laman Purewow, Jumat (15/4/2016):

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini mengandung kalsium, besi, dan magnesium. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus memasak sayuran ini sebelummengonsumsinya. Dengan begitu jumlah kandungan kalsiumnya akan meningkat tiga kali lipat.

2. Jamur

Jamur memiliki struktur yang kuat (alot) sehingga sulit dicerna. Agar lebih mudah dicerna dan memastikannya aman dikonsumsi, Anda perlu memasak jamur. Zat-zat beracun yang mungkin ada dalam jamur bisa dihilangkan dengan memasaknya lebih dulu sebelum dimakan.

3. Wortel

Seperti jamur, wortel mentah tak mudah dicerna. Anda akan lebih mudah mencernanya setelah dimasak. Anda pun bisa mendapat manfaat maksimal beta-karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dan baik untuk kesehatan mata.

4. Tomat

Jumlah likopen dalam tomat akan meningkat hingga 30 persen setelah melalui proses pemanasan. Likopen bisa membantu melawan sel-sel kanker. Jadi pertimbangkanlah untuk memasak tomat sebelum mengonsumsinya.

5. Kale

Memasak kale tak hanya membuatnya menjadi lezat melainkan juga menjadikannya sajian yang menyehatkan. Kale mengandung serat dan bisa menurunkan kolesterol setelah mendapat sentuhan panas dari proses memasak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.