Sukses

Sperma Sedikit? Rajinlah Makan Tomat

Lycopene, senyawa yang banyak ditemukan dalam tomat, dipercaya bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru diluncurkan di Inggris Raya untuk meneliti lebih lanjut mengenai signifikansi nutrisi yang ditemukan pada tomat yang bisa mendorong kesuburan pria. Penelitian ini dilakukan setelah seorang peneliti keturunan India-Amerika menunjukkan, suplementasi lycopene bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen.

Dalam percobaan selama 12 minggu, para ilmuwan dari University of Sheffield mencoba menemukan apakah jika meningkatkan lycopene--senyawa pigmen merah yang ditemukan pada tomat--dalam darah bisa meningkatkan kualitas sperma.

Seperti dikutip dari Times of India, Jumat (15//4/2016), banyak studi yang telah membuktikan bahwa lycopene bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen dan juga sama halnya perundingan mengenai manfaat lain pada sistem reproduksi pria.

Diperkirakan, ada satu dari enam pasangan tidak bisa mempunyai keturunan dan sekitar setengah dari kasus tersebut disebabkan kualitas sperma yang buruk. “Studi ini akan memberitahu kita jika lycopene memperbaiki kualitas sperma yang dikembangkan dengan mengurangi kerusakan DNA. Dan apakah itu memproduksi peningkatan secara keseluruhan jumlah produksi sperma dewasa secara keseluruhan, “ ujar Allan Pacey, seorang professor Andrologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini