Sukses

Ini Kenapa Wanita Sulit Menurunkan Berat Badan

Inilah alasan wanita selalu keuslitan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Wanita merasa sulit menurunkan berat badan jika dibanding pria. Setelah melakukan penelitian pada tikus para ahli mengungkapkan, hormon dan metabolisme wanitalah yang harus disalahkan.

Dosen Psikologi Kesehatan Klinis di University of West Scotland, Dr Chris Easton mengatakan, meski semua orang melakukan olahraga dengan kecepatan sama, ditemukan bahwa pria merasakan manfaat yang jauh lebih besar dibanding wanita. Sehingga sulit bagi wanita untuk cepat menurunkan berat badan.

 

"Salah satu alasan karena komposisi tubuh pria dan wanita juga berbeda. Jumlah komposisi otot pada pria lebih besar, sedangkan wanita tidak. Sementara otot memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak," kata Chris dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/4/2016)

Pria juga memiliki ukuran hati dan paru-paru yang lebih besar, dan hemoglobin (bagian dari darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh selama olahraga) juga lebih banyak. Hal ini juga mendukung kecepatan mereka dalam menurunkan berat badan.

Studi ini telah dipublikasikan ke dalam jurnal Metabolism.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini